Hari Batik Nasional

Selamat Hari Batik Nasional, sobat Kalijambe ^_^.

Tahukah kalian kenapa ada perayaan hari batik nasional? Bagaimana sih awal mulanya?
Hari Batik Nasional merupakan hari perayaan Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 lalu oleh UNESCO.

Oleh karenanya setiap tanggal 2 Oktober dirayakan sebagai hari batik. Di hari itu  orang Indonesia disarankan untuk memakai batik.

Batik pertama kali diperkenalkan ke dunia oleh Presiden ke-2 RI Soeharto saat menghadiri konferensi PBB. Sebelumnya beliau juga kerap memberikan batik sebagai oleh-oleh untuk tamu negara.
Setelah itu, batik didaftarkan untuk mendapat  intangible cultural heritage di UNESCO pada 4 September 2008 lalu.

Perjalanan panjang itu pun baru berbuah pada 9 Januari 2009 di era pemerintahan Presiden SBY. Batik diterima secara resmi oleh UNESCO, kemudian baru dikukuhkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi usai sidang ke-4 UNESCO di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009.
Menyambut baik hal tersebut, Pemerintah Indonesia menerbitkan Kepres No 33 Tahun 2009 yang menetapkan hari Batik Nasional juga dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap upaya perlindungan dan pengembangan batik Indonesia.

#smkn1kalijambe
#haribatiknasional2021
#warisanduniaunesco
#smkn1kalijambehitz
#smkn1kalijambesragen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *