Sosialisasi Anti Perundungan

Halo, sobat Kalijambe…

Pernahkah kalian mendengar kata “perundungan”?

Perundungan dalam bahasa inggris disebut dengan “bullying”.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata perundungan adalah proses, cara, perbuatan merundung yang dapat diartikan sebagai seseorang yang menggunakan kekuatan untuk menyakiti atau mengintimidasi orang-orang yang lebih lemah darinya. 

 Nah, SMKN 1 Kalijambe pada hari Selasa, 5 Oktober 2021 mengadakan Sosialisasi Anti Perundungan kepada semua warga sekolah.

 Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari workshop anti perundungan yang diikuti oleh dua orang guru SMKN 1 Kalijambe yaitu Bapak Danang Rohmad, M.Or. (guru olahraga) dan Ibu Puji Hastuti, S.Pd. (guru seni) selama 3 hari semenjak tanggal 30 Agustus – 1 September 2021 secara daring.

 Sebelum diadakannya sosialisasi ini telah diadakan kegiatan survey anti perundungan yang diikuti oleh bapak ibu guru dan siswa-siswi di SMKN 1 Kalijambe. Mereka harus mengisi survey tersebut melalui aplikasi Whats App.

 Acara sosialisasi anti perundungan diawali dengan peserta menuliskan kata-kata kasar, yang paling menyakitkan di atas satu lembar kertas.

 Semua bapak ibu guru di SMK N 1 Kalijambe akan dilibatkan dalam program anti bullying dengan dipandu oleh Bapak Danang Rohmad dan Ibu Puji Hastuti.

 Program ini bertujuan untuk meredam perilaku negatif, minimal mengurangi tindakan bullying serta akan dibentuk 30 agen perubahan yang dimulai pada saat PTM (Pembelajaran Tatap Muka).

 Pada akhir kegiatan sosialisasi , bapak Danang menjelaskan bahwa kata-kata yang telah dituliskan peserta akan secara simbolis “dibuang” dengan maksud agar kata-kata tersebut tidak bersemayam di lingkungan SMKN 1 Kalijambe, hilang musnah sehingga sudah tidak ada lagi perundungan menggunakan kata-kata tersebut.

 Semoga kita senantiasa menjaga kedamaian di manapun berada.


#smkn1kalijambe #smkn1kalijambesragen
#kalijambewow
#kalijambehits
#mitrasdudikemdikbud
#dirjenvokasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *