Sosialisasi Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM)

Halo, sobat Kalijambe…

 Tahu gak sih apa itu GSM?

GSM (Gerakan Sekolah Menyenangkan) merupakan gerakan perubahan dari akar rumput bersama guru dan masyarakat untuk mentransformasi sekolah menjadi tempat yang ideal bagi siswa untuk belajar ilmu pengetahuan dan bekal keterampilan hidup agar anak-anak bergairah menjadi pembelajar yang sukses dan mandiri.

Sosialisasi GSM yang diadakan oleh SMKN 1 Kalijambe pada hari Selasa yang lalu, 5 Oktober 2021 menghadirkan pembicara dari tiga orang guru SMKN 1 Kalijambe yang telah lebih dahulu mendapatkan pelatihan GSM.

Pembicara pertama, Ibu Amurwani Dyah Rahayu, S.Pd (guru sejarah) menyampaikan bahwa founder GSM adalah pasangan suami istri yaitu Bapak Muhammad Nur Rizal dan Ibu Novi Poespita Candra.
Gerakan ini digagas pertama kali pada bulan September 2014 dan telah mampu meningkatkan kualitas guru serta ekosistem pendidikan di sekolah-sekolah pinggiran.

Sedangkan pembicara kedua, Ibu Nafila Intan Naumi, S.Pd (guru bahasa Inggris) menyampaikan tentang berbagai pembelajaran sosial emosional (Social Emotional Learning) yang harus dikuasai siswa untuk bisa mewujudkan GSM, di antaranya : empati, mengidentigikasi masalah, menghargai, bertanggung jawab, berpikir internasional  kolaborasi, motivasi diri, kesadaran diri, dan keterlibatan sosial.

Pembicara terakhir, Ibu Viva Fauziyah Suryani, S.Pd (guru Fisika). menjelaskan tentang pentingnya HBL (Home Based Learning) dan SEL (Social Emotional Learning) dalam pembelajaran sebagai salah satu wujud GSM. Beliau juga menyampaikan jargon GSM adalah “berubah, berbagi dan kolaborasi.”
Semoga semua warga SMKN 1 Kalijambe bisa benar-benar mengaplikasikan segala ilmu baru yang didapat dengan sungguh-sungguh dan dimudahkan oleh Allah.

#smkn1kalijambe #smkn1kalijambesragen #smkn1kalijambehitz
#dirjenvokasi
#mitrasdudikemdikbud

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *